Pesona Negeri di Atas Awan

Pesona Negeri di Atas Awan – Negeri di atas awan layaknya tinggal di atas khayangan. Negerinya para dewa yang membuat kamu akan semakin di manja mata ketika melihatnya. Berkunjung ke Dieng merupakan petualangan yang tak boleh dilewatkan bagi pecinta alam. Dataran Tinggi Dieng memiliki spot wisata yang menjadikan wisata ini salah satu wisata alam paling diminati di Jawa Tengah.

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif  yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Ketinggian dataran tinggi ini rata-rata adalah diatas 2000 Mdpl. Suhu dingin semakin membuat petualangan mendaki negeri diatas awan kian menantang.  Lensa kamera akan sangat merugi jika tidak mengabadikan momen petualangan di Dataran Tinggi Dieng.

Siapkan kameramu, dan mari kita lihat dan nikmati spot spot menarik dan indah di Dataran tinggi Dieng:

Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu landmark di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Telaga ini memiliki warna yang berbeda beda. Menurut para warga, warna yang muncul di telaga tersebut diakibatkan karena dahulu ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga. Namun jika dari sisi ilmiah perbedaan warna pada telaga ini merupakan adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang.

Telaga Warna Dieng

Sumber: www.anekatempatwisata.com

Bukit Sikunir

Ingin melihat sunrise yang menakjubkan? Bukit Sikunir tempatnya! Bukit ini merupakan spot favorit wisatawan untuk melihat indahnya sunrise. Bukit ini terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Tingginya 2200 Mdpl. Kunir merupakan bahasa jawa dari Kunyit. Karena terkenal dengan sunrise yang memiliki warna kekuningan seperti kunir, maka bukit ini diberi nama Bukit Sikunir. Mari manjakan mata!

Kawah Dieng

Dieng, merupakan dataran tinggi yang memiliki banyak kawah. Diantara kawah yang terdapat di Dieng adalah Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri. Kawah Sikidang diberi nama tersebut karena terdapat kolam magma yang sering berpindah-pindah atau dalam bahasa jawa seperti Kidang (Kijang).  Selanjutnya Kawah Candradimuka, kawah yang terkenal di negeri pewayangan. Kawah ini merupakan kawah tempat Gatotkaca dimandikan sehingga mempunyai kekuatan yang  luar biasa. Dan Kawah Sileri merupakan kawah terbesar di Dieng.

Sumur Jalatunda

Untuk mencapai sumur ini, perlu perjuangan untuk menaiki 257 anak tangga. Sumur ini memiliki diameter 90 meter dan kedalaman 200 meter.  Di sumur ini juga terkenal mitos jika siapa saja yang dapat melempar kerikil dari ujung sumur ke seberang maka harapannya akan terkabul. Oleh karena itu di atas sumur ini terdapat penjual kerikil. Percaya?

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan tempat wisata yang cukup sakral. Selain Candi Arjuna terdapat candi di kawasan Dieng lainnya yang diberi nama dengan nama tokoh Mahabarata, seperti Candi Bima, Srikandi, Gatotkaca dan lain-lain.

Gunung Prau

Gunung Prau memanjakan mata bagi siapa saja yang mendakinya. Keindahan alam dan pegunungan yang hijau, langit yang biru dihiasi dengan awan-awan yang menggantung tinggi menjadi pemandangan di sepanjang jalur pendakian. Selain camping ground, Gunung Prau juga menawarkan spot indah lainnya yang bisa kamu jadikan tempat ber-selfie ria. Diantaranya adalah Bukit Teletubbies. Bukit ini dinamakan bukit Teletubbies karena bentuknya memiliki kemiripan dengan setting acara anak-anak Teletubbies.

Bukit Teletubbies Dieng

Sumber: www.diengbackpacker.com

Selain Bukit Teletubbies ada juga Taman Bunga Daisy, sebuah permadani hijau yang dihiasi manik-manik Bunga Daisy. Pemandangan yang indah ini akan semakin mewarnai lensa kamera kita dengan hasil gambar yang memuaskan dan patut diabadikan.

Kamera telah terpenuhi dengan hasil gambar yang cukup indah? Saatnya memanjakan  lidah dengan mencicipi kuliner di Dieng Wonosobo. Dieng merupakan salah satu penghasil sayuran di Jawa Tengah. Kentang menjadi komoditas utama. Selain itu wortel , kubis, dan bawang-bawangan juga menjadi komoditas lainnya. Buah buahan juga menjadi salah satu komoditas di daerah tersebut Ada buah khas yang biasa dijadikan buah tangan para pendaki, yaitu buah Carica. Carica merupakan pepaya gunung yang biasa dijadikan manisan. Rasanya manis, asam segar bercampur menjadi satu membuat buah ini segar disantap di udara pegununan yang dingin.

Mendaki Gunung Prau, Kawah Dieng, Mengunjungi Candi Bersejarah Dieng, dan Sumur penuh mitos dan mencicipi buah khas Dieng rasanya semakin melengkapi petualangan negeri di atas awan. Hasil potret kamera dipenuhi dengan gambar yang indah untuk dipandang semakin membuat negeri para dewa ini rindu untuk dikunjungi.

Masih ingin menikmati keindahan Dieng dan sekitar Wonosobo? Tak perlu khawatir karena daerah tersebut bisa ditempat untuk bermalam karena terdapat banyak hotel dan penginapan. Lelah yang dirasakan dalam menyelusuri pesona wisata di Dieng akan terbayarkan dengan pengalaman  dan kenangan yang menyenangkan. Untuk mencari hotel dan penginapan di Dieng Wonosobo, bisa browsing saja situs booking tiket hotel secara online, seperti di Traveloka.

Weboy